Angin Kencang Hambat Pemadaman Titik Api di Sekitar Kawasan Ijen

Angin Kencang Hambat Pemadaman Titik Api di Sekitar Kawasan Ijen
Pemadaman titik api di kawasan Ijen. Foto ; Pojokpitu

jpnn.com, BANYUWANGI - Satu helikopter BNPB diperbantukan untuk BPBD Banyuwangi memadamkan karhutla di Kawasan Taman Wisata Kawah Ijen, Jatim.

Cuaca angin yang kencang, sempat membuat petugas kesulitan untuk memadamkan titik-titik api. Namun, dengan bantuan pemadaman lewat jalur udara ini, diharapkan titik api segera bisa dipadamkan.

Sudah sepekan lebih, beberapa Gunung di Kabupaten Banyuwangi mengalami kebakaran. Masih terlihat beberapa titik api yang membakar semak di lereng gunung kawasan Ijen.

Selain itu, karena lokasi dan titik terbakarnya di tiga gunung tersebut sulit membuat kesulitan para petugas memadamkan api tersebut.

Namun, kini pemerintah Banyuwangi mendatangkan water bombing (melalui udara) untuk memadamkan titik api yang sulit dijangkau.

Sementara itu, bantuan helikopter jenis MI8 BPOP ini berangkat dari Bandara Blimbingsari dan melakukan pemadaman dari udara sehari dua kali.

Mengambil air di wilayah perairan selat Bali, helikopter ini satu kali tembakan pemadaman mampu membawa empat ribu liter air.P

Pada tahap pertama pemadaman di Lereng Gunung Marapi Ungup Ungup di petak satu, dilakukan mulai jam 08.00 Wib hingga jam 10.00 Wib dengan sebanyak tujuh kali pemadaman.

Cuaca angin yang kencang sempat membuat petugas kesulitan untuk memadamkan titik-titik api.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News