Angka Kredit Macet UMKM Cukup Tinggi

Angka Kredit Macet UMKM Cukup Tinggi
Angka Kredit Macet UMKM Cukup Tinggi
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat penyaluran kredit ke segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mencapai Rp 436,7 triliun sampai Juni 2011. Namun tingkat kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) tercatat cukup tinggi.

"Kredit UMKM keseluruhan Rp 436,7 triliun per Juni, NPL-nya 4,59 persen gross," kata Deputi Direktur Direktorat Kredit UMKM dan BPR Mahdi Mahmudy Jakarta, Rabu (3/8).

Menurut Mahdi, untuk memangkas tingkat NPL tersebut bank sentral tengah membuat kajian untuk membentuk pemeringkatan calon debitur UMKM dengan melakukan kerja sama dengan PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dan Universitas Indonesia.

"Itu sedang dalam proses. Mudah-mudahan dalam waktu singkat bisa membantu analisis peratingan itu. Jadi untuk penilaian apakah peringkatnya sedang, baik, atau kurang baik. Masih dalam kajian, kita bekerja sama dengan dan stakeholder. Dengan Pefindo itu tahun ini, mungkin masih berlanjut sampai tahun depan sampai kita betul-betul punya format yang ideal dengan lembaga rating itu," jelas Mahdi.

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat penyaluran kredit ke segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mencapai Rp 436,7 triliun sampai Juni 2011.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News