JPNN.com

Angkatan Laut Rusia Borong 480 Senjata Baru, Persiapan Perang?

Rabu, 04 Desember 2019 – 22:04 WIB Angkatan Laut Rusia Borong 480 Senjata Baru, Persiapan Perang? - JPNN.com
Kapal selam kelas Borei versi terbaru menjadi salah satu perlengkapan militer yang dibeli Angkatan Laut Rusia di penghujung 2019. Foto: Russian Defense Ministry

jpnn.com, MOSKOW - Di penghujung tahun, Angkatan Laut Rusia menambah kekuatan dengan memborong lebih dari 480 unit senjata baru. Termasuk di antaranya kapal selam nuklir termutakhir.

"Daftar tersebut mencakup dua unit kapal selam, 23 kapal permukaan dan kapal pendukung, tiga unit pesawat, empat sistem rudal pesisir, serta lebih dari 400 unit senjata rudal dan torpedo dalam berbagai jenis," ujar Presiden Vladimir Putin, Selasa (3/12).

Dia menambahkan bahwa kekuatan nuklir strategis Angkatan Laut Rusia tengah diperkuat dengan kapal kehadiran selam kelas Borei yang dipersenjatai rudal balistik Bulava.

Menurut Putin, versi termutakhir kapal selam Borei-A-class Prince Vladimir kini sedang menjalani pengujian terakhir. Selain itu, masih ada empat unit lain yang sedang dalam tahap konstruksi.

Kapal-kapal tersebut dilengkapi rudal jelajah jarak jauh Kalibr  "Rudal-rudal itu mampu mengenai target pada jarak hingga 1.500 kilometer," ujar Putin seraya menambahkan bahwa Rusia menargetkan menambah jumlah rudal tersebut hingga lebih dari dua kali lipat pada 2023.

Putin menyebutkan, langkah pemerintah dalam melengkapi armada dengan kapal-kapal zona maritim tengah dipercepat. Sebanyak sembilan unit kapal permukaan dari kelas ini sedang dalam tahap konstruksi.

"Sekali lagi, kita akan terus mengembangkan Angkatan Laut, menjadikannya lebih modern, mampu menerjang lautan dan sangat efisien," imbuh Putin. (xinhua/ant/dil/jpnn)

Sumber xinhua

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...