Anies Akan Atasi Masalah Zonasi dengan Menyetarakan Sekolah Swasta dan Negeri

Anies Akan Atasi Masalah Zonasi dengan Menyetarakan Sekolah Swasta dan Negeri
Calon Presiden nomor urut 01 dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan berkampanye di Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (23/1/2024). Foto: dok Timnas AMIN

jpnn.com, YOGYAKARTA - Calon Presiden nomor urut 01 dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan berkampanye di Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (23/1).

Dalam kesempatan itu, Capres Anies menanggapi pertanyaan wartawan mengenai permasalahan zonasi dan PPDB siswa.

“Zonasi dan problem zonasi itu akar masalahnya adalah jumlah sekolah dan kualitas sekolah yang tidak setara. Selama jumlah itu tidak ditambah, maka kita akan selalu mengalami masalah ini. Kami melihat perlu memastikan jumlah bangku sekolah itu sama, antara jenjang SD, SMP, dan SMA. Jangan bentuknya seperti piramid. Makin tinggi, makin sedikit bangkunya. Makin sedikit bangkunya, makin timbul masalah itu,” terang Anies.

Kedua, kata dia, libatkan swasta di dalam proses rekrutmen siswa. Anies mengungkapkan Jakarta menjadi kota pertama yang negeri dan swasta satu sistem penerimaan PPDB.

“Penerimaan siswa baru itu, negeri dan swasta itu satu sistem. Jadi kita mengundang sekolah-sekolah swasta untuk masuk dalam sistem yang sama, supaya pilihan siswa itu lengkap. Bukan hanya sekolah negeri, tetapi sekolah swasta,” terang dia.

Sekolah swasta yang ikut dalam program ini, kata Anies, mereka dapat dukungan supaya fasilitasnya sama dengan sekolah negeri. Dengan begitu sekolah swastanya meningkat kualitasnya, sekolah negerinya tidak mendapatkan beban.

“Kita sama-sama memfasilitasi semua anak, sehingga zonasi ini tidak menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan. Ini akar masalahnya harus diselesaikan, kalau tidak kita hanya otak-atik urusan zonasi yang tidak pernah selesai. Bereskan akar masalahnya, sehingga gelajanya akan hilang,” pungkasnya. (jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Dalam kesempatan itu, Capres Anies menanggapi pertanyaan wartawan mengenai permasalahan zonasi dan PPDB siswa.


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News