Anies Baswedan: Bapak Presiden Sangat Benar

Anies Baswedan: Bapak Presiden Sangat Benar
Gubernur DKI Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan, pahlawan saat ini adalah warga yang bersedia tetap di rumah di masa pandemi COVID-19.

Dikatakan, mereka yang menahan diri untuk tidak mudik di masa libur Lebaran Idulfitri adalah pahlawan sesungguhnya.

"Jadi harus saya sampaikan bahwa pahlawan kita hari ini adalah mereka yang tinggal di rumah," katanya di kanal YouTube TVOne, Minggu (16/5).

Dalam suasana pandemi COVID-19, acara-acara pertemuan memang sudah seharusnya dibatasi. Begitu pula dengan aktivitas atau mobilitas harus diminimalisir untuk mencegah penularan Covid-19.

"Kita ini sudah tahun kedua merasakan, bahwa selama setahun lebih kemarin, kita ketahui bahwa makin banyak libur maka makin tinggi kasusnya," ujarnya. 

Menurut mantan Rektor Universitas Paramadina itu, naiknya penularan Covid-19 setelah liburan bersama biasanya terlihat dua minggu. Hal ini ditandai dengan grafik kasus positif COVID-19 yang biasanya naik drastis pascaliburan. 

Menurut Anies, masalahnya bukan pada liburnya, tetapi mobilitas masyarakat yang memanfaatkan masa liburan itu dengan bepergian ke mana-mana. Termasuk di antaranya mengunjungi kawasan wisata dan juga pulang kampung.

"Jadi boleh libur tetapi jangan pergi, stay home," tegasnya.

Anies Baswedan mengatakan, setiap kali usai liburan panjang, kasus positif Covid-19 mengalami peningkatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News