Anies Baswedan Berjanji Mendorong UMKM Naik Kelas

Anies Baswedan Berjanji Mendorong UMKM Naik Kelas
Anies Baswedan dalam dialog bersama Apindo. Foto: Tim Media AMIN

jpnn.com - JAKARTA - Calon presiden dari Koalisi Perubahan dan Persatuan, Anies Baswedan angkat bicara soal kelangsungan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Anies berjanji akan mendorong UMKM naik kelas.

"Hari ini usaha kecil sulit berkembang, kami ingin mendorong dan menjadikan usaha kecil dan menengah naik kelas. Kemudian dalam mengatasi krisis pangan, kami akan mendorong kemandirian pangan, mengatasi ketimbangan antara daerah, dengan cara membangun pusat-pusat pertumbuhan baru, bukan hanya satu pusat pertumbuhan, tetapi banyak pusat pertumbuhan di seluruh Indonesia," katanya.

Anies berbicara hal itu dalam dialog yang diselenggarakan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Auditorium Menara Bank Mega Lt. 3, Jakarta Selatan (11/12) bertema "Roapmad Perekonomian Indonesia 2024".

Anies berjanji akan membangun keberpihakan pada industri lokal, supaya semua usaha lokal bisa naik kelas.

Menurut Anies, 64 juta unit usaha mikro mengalami keretanan karena keterbatasan akses pasar dan pembiayaan.

Maka, pemerintah harus hadir melalui pemberdayaan UMKM lokal dengan cara lebih dari 50 % belanja operasional pemerintah sebaiknya dari UMKM dan usaha lokal.

Selain itu pemerintah harus menciptakan playing field yang setara serta pemerintah aktif memfasilitasi negosiasi terkait perdagangan luar negeri dan akses pendanaan inkusif.

Menurut Anies, pemerintah harus hadir melalui pemberdayaan UMKM dan aktif memfasilitasi negosiasi terkait perdagangan luar negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News