Anies Baswedan Bisa Jadi Rebutan Partai Pengusung Capres, Kuncinya Cuma 1

Anies Baswedan Bisa Jadi Rebutan Partai Pengusung Capres, Kuncinya Cuma 1
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Politik Ujang Komarudin menilai Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Nasdem, memberikan sinyal mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, sebagai calon presiden 2024.

Hal ini terlihat dari sejumlah kegiatan dan perayaan partai yang mengundang mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu.

Menurut Ujang, hal yang paling krusial agar partai dipastikan mengusung apabila elektabilitas Anies tinggi dan mengungguli calon lain.

“Kecenderungannya seperti itu. Namun tetap saja ketiga partai itu masih akan menunggu elektabilitas Anies hingga 2024 nanti,” ucap Ujang saat dihubungi, Rabu (2/2).

Dosen Universitas Al Azhar Indonesia ini menuturkan, walau saat ini tak mempunyai kendaraan politik, namun Anies bisa menjadi rebutan partai-partai bila elektabilitasnya tinggi.

Ujang pun menyarankan bila Anies berniat menjadi orang nomor satu Indonesia, dia mesti terus menaikkan elektabilitas dan dukungan masyarakat.

“Kuncinya hanya satu, yaitu elektabilitas. Jika elektabilitas Anies tingggi hingga menjelang pendaftaran capres ke KPU nanti, akan ada banyak partai-partai yang mendukungnya,” kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Anies Baswedan mulai rajin melakukan safari politik ke sejumlah partai.

Menurut Ujang hal yang paling krusial agar partai dipastikan mengusung apabila elektabilitas Anies Baswedan tinggi dan mengungguli calon lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News