Anies Baswedan Pemimpin Berbasis Ilmu Pengetahuan, Ini Buktinya

Anies Baswedan Pemimpin Berbasis Ilmu Pengetahuan, Ini Buktinya
Bacapres Anies Baswedan ngariung bersama 1.000 alumni ITB di Bandung, Jawa Barat, Minggu (1/10). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, BANDUNG - Acara 1000 Alumni ITB Ngariung Bersama Bacapres Anies Baswedan berlangsung meriah di Bandung, Jawa Barat, pada Minggu (1/10).

Dalam kesempatan itu, Anies mengemukakan keyakinan bahwa ilmu pengetahuan dan metode ilmiah harus menjadi guidance (panduan, red) dalam mengambil keputusan di hadapan seribuan alumni dan akademisi ITB yang hadir.

“Kita mengalami pembelajaran dahsyat untuk percaya sains dan metode ilmiah. Ujiannya bukan pada saat normal. Ujiannya pada saat krisis pandemi Covid-19 terungkap siapa pemimpin menggunakan ilmu pengetahuan dan siapa tidak pakai pengetahuan. Dan itu ujian pemimpin sedunia, bukan cuma di Indonesia,” terang dia.

Pada saat pandemi, ujar Anies, ujian bagi semua pemimpin apakah dia mempercayai sains atau sekadar lips service soal sains.

“Karena saat itulah kebijakan-kebijakan disusun berdasarkan referensi pada ilmuwan. Metode ilmiah dan sebagian dari itu, harus berhadapan dengan ignorance. Ketidaktahuan. Dan itu lawannya terdidik. Di situ kita harus mengambil keputusan, bagaimana keputusan tidak populer saintifik atau populer tapi ignorance,” ujar Anies.

“Kami di Jakarta mengalami, karena kami memakai ilmu pengetahuan untuk mengambil keputusan. Ketika itu amat tidak populer. Dan kami sering harus berhadapan dengan pemegang otoritas lebih tinggi, tapi tidak pakai ilmu pengetahuan,” papar Gubernur DKI Jakarta 2017-2022.

Kejadian pandemi, terang dia, adalah suatu wake-up call untuk mengembalikan ilmu pengetahuan dan metode ilmiah menjadi kompas pengambilan keputusan.

“Kebijakan itu tidak disusun berdasarkan selera pemegang kewenangan. Tidak bisa. Kebijakan bukan soal selera. Kebijakan bicara bagaimana kita memahami masalah, bagaimana kita mengindetifikasi prioritas atas masalah, dan cara apa untuk menyelesaikan masalah. Pendekatannya induktif dan deduktif. Kita harus eklektik (memilih yang terbaik dari berbagai sumber), bukan cuma salah satu. Ini memerlukan keterbukaan pikiran. Membutuhkan kemauan untuk mendengar. Bahasa resminya mengedepankan teknokrasi,” terang Anies. (jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Acara 1000 Alumni ITB Ngariung Bersama Bacapres Anies Baswedan berlangsung meriah di Bandung, Jawa Barat, pada Minggu (1/10)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News