Anies Beber 3 Ancaman yang Harus Diatasi Saat Puncak Musim Hujan

Anies Beber 3 Ancaman yang Harus Diatasi Saat Puncak Musim Hujan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tiga dari kanan) ketika menghadiri apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (13/10/2021). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warganya mengantisipasi tiga ancaman pada saat musim hujan yang berpotensi terjadi di ibu kota.

Anies menyebutkan tiga ancaman itu ialah rob di pesisir utara, aliran air dari 13 sungai dari sisi selatan, serta hujan deras di dalam kota.  

Dia menjelaskan bahwa ibu kota secara topografis, berada di daratan rendah. 

“Di sisi selatan ada pegunungan, dan utara ada lautan," kata Anies Baswedan ketika memimpin apel kesiapsiagaan saat musim hujan di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (13/10). 

Anies menjelaskan antisipasi pertama adalah di pesisir utara Jakarta.

Ketika permukaan air laut tinggi sehingga berpotensi terjadi rob, dan pada saat bersama turun hujan deras akibatnya aliran sungai menuju muara akan bertemu dengan permukaan air laut yang lebih tinggi.

Menurut Anies, di situlah diperlukan kerja ekstra untuk bisa memompa. 

Kemudian, bisa memastikan bahwa air sungai di muara bisa mengalir dengan baik, dan masyarakat di utara terhindar dari potensi rob. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warganya mengantisipasi tiga ancaman pada saat musim hujan yang berpotensi terjadi di ibu kota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News