Anies Ingin Jadikan Jakarta Sentra Batik Indonesia

Anies Ingin Jadikan Jakarta Sentra Batik Indonesia
value="Anies Baswedan di Pekalongan, Rabu (29/3). Foto: Ist"

jpnn.com, PEKALONGAN - Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung ke Pasar Grosir Setono, Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (29/3).

Mantan menteri pendidikan dasar dan kebudayaan ini tidak hanya ‎berbelanja batik, tapi untuk melihat langsung pasar yang kabarnya menyuplai sebagian besar batik di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Kami datang berkunjung untuk melihat langsung bagaimana sektor industri kecil seperti batik ini dijalankan," ujar Anies.

Dalam kunjungan tersebut, Anies terlihat berinteraksi dengan para pedagang. Di antaranya, Moch Taufik yang mengaku kerap mengirim batik untuk dijual di Tanah Abang.

"Di sini banyak yang ngirim batik ke Tanah Abang dan Thamrin City. Semoga kalau Pak Anies jadi gubernur (DKI,red) bisa berpengaruh kepada peningkatan pengiriman batik kami ke Jakarta," ucap Taufik.

Anies mengamini harapan tersebut. Menurutnya, jika nanti terpilih Anies-Sandi berencana menjadikan Jakarta sebagai tempat berkumpulnya kerajinan batik dari seluruh Indonesia.

"Jakarta bisa menjadi tempat berkumpulnya beragam batik nasional dan menjadi cermin kebhinekaan. Sehingga jika ada wisatawan datang ke Jakarta, mereka bisa melihat keragaman budaya Indonesia lewat batik," tutur Anies.

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini optimistis, dengan program OK OCE yang mereka gagas, nantinya batik dari Pekalongan dapat lebih dikembangkan lagi. Hingga melambung bersaing di kancah internasional.(gir/jpnn)


Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung ke Pasar Grosir Setono, Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (29/3).


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News