Anies Ingin Liburkan Sekolah, Begini kata Mendikbud

Anies Ingin Liburkan Sekolah, Begini kata Mendikbud
Ilustrasi Asian Games 2018. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy buka suara terkait rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meliburkan sekolah saat perhelatan Asian Games 2018 berlangsung.

Sebenarnya kata dia, tak ada yang namanya libur saat sebuah pentas olahraga berlangsung.

“Kalau libur terlalu lama berisiko pada kurikulum besar," ujar Muhadjir di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/5).

Menuturkan, rencana libur itu bisa saja dilakukan. Tapi, pihak sekolah harus mengebut pembelajaran yang tertinggal dengan program home-schooling atau program bimbingan kelompok belajar yang diatur para guru.

"Bisa saja dia tidak belajar di sekolah tapi nanti ada program home-schooling, bimbingan kelompok belajar di tempat lain untuk menutup masa ketidakhadiran siswa di sekolah," imbuhnya.

Hal itu bisa menjadi solusi seumpama kehadiran siswa di sekolah dianggap mengganggu.

“Siswa akan belajar di rumah dan kelompok belajar lainnya yang diatur sekolahnya. Karena tak mungkin liburkan dalam waktu panjang," urai dia.

Sementara soal libur lebaran, Muhadjir mengatakan pihaknya mengikuti keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB).

Sebenarnya tidak ada yang namanya libur saat sebuah pentas olahraga berlangsung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News