Anies Klaim Bisa Hapus Kemiskinan dengan Cara Ini

Anies Klaim Bisa Hapus Kemiskinan dengan Cara Ini
Anies Baswedan di kantor redaksi Gatra. Foto: Ist

jpnn.com - JPNN.com - Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengenal kemiskinan sejak dirinya terlibat dalam gerakan Indonesia Mengajar.

"Saya telah datang ke daerah yang disebut miskin, tidak ada sinyal, tidak ada listrik, tidak mengenal teknologi. Terisolasi sudah," kata Anies di ruang rapat kantor Gatra, Jalan Kalibata Timur IV nomor 15, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (28/12).

Namun dua bulan terakhir sejak dirinya diamanahkan sebagai Cagub, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini jadi merasa dirinya tidak tahu apa-apa tentang kemiskinan.

Hal tersebut dia sadari setelah berkeliling ke tempat-tempat di ibukota yang tak pernah dijamahnya.

"Di pelosok itu miskin, namun kemiskinan dalam udara bersih, memetik apa saja ada di situ, hidup gotong royong, satu suku besar yang saling mendukung, dan dalam kebahagiaan. Sedangkan di Jakarta, kita akan menemukan kemiskinan dalam polusi yang luar biasa tinggi, kesendirian, ketimpangan, serta keputusasaan. Kemiskinannya pun diturunkan lintas generasi," jelas Anies.

Karena itu Anies berencana untuk mengentaskan kemiskinan ekstrim di Jakarta melalui dua pendekatan utama berdasarkan jangka waktunya.

"Jangka pendek melalui tersedianya lapangan pekerjaan, turunnya angka pengangguran. Jangka panjang, kita akan selesaikan (kemiskinan) melalui pendidikan," kata Anies dengan tegas.

Upaya pengentasan kemiskinan adalah bagian terpenting untuk tegaknya keadilan sosial. Dalam pandangan Anies, keadilan adalah tanggung jawab moral besar yang harus dibereskan oleh gubernur terpilih.

JPNN.com - Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengenal kemiskinan sejak dirinya terlibat dalam gerakan Indonesia Mengajar.

Sumber RMOLjakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News