Anies Melejit ke Posisi 2, Pakar: Limpahan Pendukung Ganjar dan Prabowo

Anies Melejit ke Posisi 2, Pakar: Limpahan Pendukung Ganjar dan Prabowo
Tiga pasang capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia Political Opinion (IPO) merilis hasil survei elektabilitas calon presiden (capres) 2024. Capres Anies Baswedan melejit ke posisi kedua dalam survei yang dirilis Senin, 20 November 2023 tersebut.

Dalam simulasi tiga nama capres, Prabowo Subianto meraih elektabilitas 36,2 persen, Anies Baswedan 34,1 persen, dan terakhir Ganjar Pranowo 27,1 persen.

Survei IPO tersebut berskala nasional, berlangsung pada 10 - 17 November 2023 dengan jumlah responden 1.400 orang dengan metode wawancara tatap muka dengan tingkat kesalahan (margin of error/MoE) 2,5 persen, tingkat akurasi data 95 persen.

Pengamat komunikasi dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Serpong Ambang Priyonggo mengemukakan hasil survei IPO yang menunjukkan lonjakan elektabilitas pasangan Capres Anies Baswedan dan Cawapres Gus Muhaimin Iskandar itu tidak mengherankan.

“Lonjakan elektabilitas pasangan Capres Anies Baswedan dan Cawapres Gus Muhaimin Iskandar itu tidak mengherankan, seperti tergambar dalam survei IPO baru-baru ini,” ujar Ambang Priyonggo, Selasa (21/11).

“Saya kira ada dua faktor penyebab pasangan AMIN melesat saat ini. Pertama AMIN saat ini mendapatkan limpahan suara kelompok pendukung Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud, terutama kelompok Islam yang saat ini cenderung mencari pasangan alternatif. Mereka melihat apa yang terjadi dengan konstelasi politik nasional saat ini, dan membuat mereka berpaling kepada AMIN,” ujar dosen Media dan Politik.

Kedua, terang pria yang meraih gelar doktor Ilmu Komunikasi dari University of Malaya, Malaysia, AMIN merupakan pasangan paling pertama yang definitif.

“AMIN merupakan pasangan paling pertama yang definitif. Jadi AMIN diuntungkan untuk bisa bergerak lebih awal dalam memperkenalkan program (visi-misi), safari politik ke berbagai daerah di Indonesia. Jadi mereka ini pasangan yang sudah solid paling pertama,” pungkasnya. (jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Dalam simulasi tiga nama capres, Prabowo Subianto meraih elektabilitas 36,2 persen, Anies Baswedan 34,1 persen, dan terakhir Ganjar Pranowo 27,1 persen


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News