Anies-Muhaimin Dideklarasikan, Nahdliyin di Pedesaan Jatim Akhirnya Punya Pilihan

Anies-Muhaimin Dideklarasikan, Nahdliyin di Pedesaan Jatim Akhirnya Punya Pilihan
Periset di Center for Social Policy Rosdiansyah menilai pergerakan suara Anies-Muhaimin sejalan dengan pengamatan dan risetnya selama ini. Foto: dok pribadi for jpnn

jpnn.com, SURABAYA - Survei opini publik yang dilakukan Politika Research and Consulting (PRC) menunjukkan terjadi fenomena eksodus suara di Jawa Timur kepada Bakal Calon Presiden Anies Rasyid Baswedan setelah berpasangan dengan Bakal Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar.

Survei dengan total responden di Jawa Timur yang berhasil diwawancara adalah 1.200 orang dengan response rate 100% itu dirilis pada Minggu, 17 September 2023 di Jakarta.

Sementara margin of error dari survei sebesar 2,7 persen.

Hasilnya, meski deklarasi pasangan Anies-Gus Muhaimin (AMIN) di Hotel Majapahit Surabaya baru dilaksanakan Sabtu 2 September 2023, tingkat keterpilihan atau elektabilitas Anies meningkat signifikan di bulan September 2023.

Dibandingkan posisi April 2023 yang 14 persen, per September 2023 elektabilitas Anies di Jawa Timur naik 4,3 persen menjadi 18,3 persen.

Sebaliknya, elektabilitas Prabowo Subianto merosot drastis dari 40,5 persen per April 2023 menjadi tinggal 32,3 persen (September 2023).

Penurunan yang sama terjadi pada Ganjar Pranowo, walaupun tidak sedrastis Prabowo: dari 40,8 persen (April 2023) menjadi 40,4 persen (September 2023).

Sementara, responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab naik dari 4,8 persen menjadi 9 persen.

Periset di Center for Social Policy Rosdiansyah menilai pergerakan suara Anies-Muhaimin sejalan dengan pengamatan dan risetnya selama ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News