Anies Paparkan 5 Pilar Utama Revolusi Agromaritim: Ada SDM sampai Reindustrialisasi

Anies Paparkan 5 Pilar Utama Revolusi Agromaritim: Ada SDM sampai Reindustrialisasi
Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan memaparkan visi dan misinya dalam Food and Agriculture Summit III di IPB Bogor, Senin (18/12/2023). Foto: dok Timnas AMIN

jpnn.com, BOGOR - Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengatakan ada lima pilar yang dibutuhkan untuk menyangga revolusi agromaritim sebagaimana dicita-citakan pasangan AMIN dalam dokumen visi misi.

Kelima pilar utama itu adalah sumber daya manusia (SDM), inovasi, reindustrialisasi, regulasi dan institusi.

“Kita ingin melakukan upscaling kepada petani dan nelayan. Dan tentu saja regenerasi bagi mereka. Pengembangan secara serius riset dan inovasi teknologi. Lalu peningkatan nilai tambah produk agromaritim. Ini reindustrialisasi yang tadi disampaikan,” papar Anies saat menjadi pembicara dalam Food and Agriculture Summit III di IPB Bogor, Senin (18/12).

Anies mengungkapkan, dalam sembilan tahun terakhir, sesungguhnya terjadi fenomena deindustrialisasi di Indonesia.

“Lalu kebijakan-kebijakan yang harus ditata ulang. Termasuk urusan impor. Konsistensi kebijakan dari hulu ke hilir yang harus ditata dengan baik,” terang dia.

Terakhir, kata Anies, bagaimana tata kelola bersifat kolaborasi.

“Di sini ada regulasi. Fungsi regulasi memberi rasa keadilan, memberi distribusi manfaat yang jelas, dan memberikan kepastian hukum. Kalau tidak memenuhi ini, maka regulasi itu tidak bisa menjalankan fungsinya sebagai regulasi yang sesungguhnya,” ucapnya. (jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Menurut Anis, ada lima pilar yang dibutuhkan untuk menyangga revolusi agromaritim sebagaimana dicita-citakan pasangan AMIN dalam dokumen visi misi.


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News