Anies Sebut Megawati Konsisten Jaga Demokrasi, Rekam Jejak Membuktikan

Anies Sebut Megawati Konsisten Jaga Demokrasi, Rekam Jejak Membuktikan
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, YOGYAKARTA - Capres nomor urut satu pada Pemilu 2024, Anies Baswedan menilai Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sebagai sosok yang konsisten menjaga demokrasi di Indonesia.

"Beliau (Megawati) adalah pribadi yang konsisten dalam menjaga demokrasi. Rekam jejaknya menunjukkan sikap hormat pada aturan hukum dan konstitusi," kata Anies di Yogyakarta, Selasa (23/1).

Anies mengatakan hal itu saat diminta tanggapan soal Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Megawati Soekarnoputri.

Dia menambahkan ketika PDI Perjuangan memenangkan pemilihan presiden (pilpres) dan Megawati bertugas sebagai presiden, putri Presiden pertama RI Soekarno itu menjalankan pemilu dengan netral.

"Bahkan, sebagai presiden, di dalam pemilu itu beliau bukan jadi pemenang," kata Anies.

Selanjutnya, ketika PDI Perjuangan tidak menang di pilpres pun Megawati tetap setia dan menjadi oposisi. Oposisi itu, menurut Anies, dijalankan dengan tabah sampai kemudian PDI Perjuangan dan Megawati kembali ke pemerintahan lagi.

"Izinkan kami menyampaikan selamat ulang tahun untuk Ibu Megawati. Semoga Bu Mega selalu sehat, dipanjangkan umurnya, selalu dalam kebahagiaan, keberkahan, dan terus menjadi tiang kokoh tegar dalam menjaga konstitusi dan demokrasi kita," kata Anies.

Megawati Soekarnoputri merayakan ulang tahunnya ke-77, Selasa, bersama dengan keluarga dan para sahabatnya, termasuk juga para menteri yang pernah tergabung dalam pemerintahan di era pemerintahannya dan pemerintahan saat ini.

Anies Baswedan menyebut Megawati Soekarnoputri punya rekam jejak baik dalam upaya menjaga demokrasi.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News