JPNN.com

Antam Dapat Pinjaman USD 292,5 Juta

Selasa, 14 Juni 2011 – 08:04 WIB
Antam Dapat Pinjaman USD 292,5 Juta - JPNN.com
Antam Dapat Pinjaman USD 292,5 Juta
JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) mendapatkan fasilitas pinjaman senilai USD 292,5 juta. Dana pinjaman itu, untuk membangun proyek Chemical Grade Alumina (CGA) proyek Tayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Proyek CGA Tayan, setidaknya menelan dana senilai USD 450 juta.

"Konstruksi proyek CGA Tayan dimulai pada 11 April 2011 dan operasi komersial akan dimulai pada bulan Januari 2014," ungkap Alwin Syah Loebis, Dirut ANTAM, di Jakarta, Senin (13/6).

Alwin menyebut fasilitas itu didapat dari Japan Bank for International Corporation (JBIC) serta Konsorsium bank komersial, terdiri dari Mizuho Coorporate Bank Ltd, Sumitomo Trust & Banking juga Jogmec. Dan, pinjaman itu diperoleh dengan menjaminkan asset anak usahanya yaitu PT Indonesia Chemical Alumina (ICA). 

Sayangnya, Alwin tidak mau merinci durasi dan beban bunga pinjaman tersebut. Meski begitu, pinjaman itu bertenor jangka panjang. “Maaf kami tidak bisa sebutkan soal itu. Kami siap memperdalam dengan Jepang untuk membiayai proyek-proyek lain ke depan,” jelasnya.

Sementara menyoal kekurangan dana proyek itu, perseroan akan menggunakan dana debt equity sebesar 35 persen dari total dana yang dibutuhkan. Dimana dari debt equity itu 80 persen dibebankan kepada Showa Denco KK (SDK) sedang sisanya Antam.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
arwan