Antara Mercy Minded dan Lexus Gallery

Oleh Hermawan Kartajaya

Antara Mercy Minded dan Lexus Gallery
Antara Mercy Minded dan Lexus Gallery
KETIKA Toyota Astra Motor merayakan ultah yang ke-40 tahun Toyota di Indonesia, Akio Toyoda, CEO Toyota Motor Corporation, datang ke Jakarta. Akio adalah generasi ketiga dari keluarga pendiri Toyota.

Ada lima orang yang beruntung dipanggil ke atas panggung untuk diberi kenang-kenangan oleh dia. Saya dipanggil pertama karena dianggap sering membantu berbagai proyek Toyota di Indonesia. Kedua adalah Jusuf Kalla karena dia jadi diler Toyota pertama, bahkan sebelum Toyota Astra Motor resmi berdiri. Ketiga, Mari Pangestu karena semua mobilnya dari dulu, baik mobil dinas maupun pribadi, selalu Toyota. Setelah itu, Duta Besar Jepang di Indonesia, lalu Jacob Utama.

Toyota buat saya dan rekan-rekan di MarkPlus Consulting punya kesan tersendiri, terutama karena proyek Lexus pada 2006. Ketika itu, kami diminta membantu memikirkan konsep Lexus di Indonesia.

Saat itu, industri otomotif lagi turun karena BBM barusan naik. Sementara itu, posisi Mercedez Benz, misalnya, sangat kuat di Indonesia. Semua orang kaya seolah harus punya Mercy sebagai tanda bahwa dia sukses. Meski ada juga yang terpaksa mengembalikan mobil ke diler karena tidak bisa menyelesaikan cicilan. Tapi, setidaknya, pernah punya Mercy. Tiap kali model baru Mercy keluar pasti diburu.

KETIKA Toyota Astra Motor merayakan ultah yang ke-40 tahun Toyota di Indonesia, Akio Toyoda, CEO Toyota Motor Corporation, datang ke Jakarta. Akio

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News