Antisipasi Dampak El Nino, Mentan SYL Dorong Pemprov Lampung Segera Mempercepat Tanam

Antisipasi Dampak El Nino, Mentan SYL Dorong Pemprov Lampung Segera Mempercepat Tanam
Mentan SYL mendorong Pemprov Lampung segera mempercepat tanam dengan varietas tahan kering dan kekuatan teknologi untuk mengantisipasi dampak El Nino. Ilustrasi Foto: Humas Kementan

jpnn.com, LAMPUNG - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mendorong Provinsi Lampung untuk mempercepat proses tanam dengan varietas unggul tahan kering serta menggunakan kekuatan teknologi mekanisasi sebagai alat utama menjaga produksi dalam negeri.

Langkah ini menurut SYL perlu dilakukan agar Lampung mampu menjaga wilayah penyangga dalam mengantisipasi cuaca ekstrem el nino yang diperkirakan berlangsung lama.

"Antara lain mempersiapkan lahan lahan penyangga kita kurang lebih 500 ribu hektare untuk intensifikasi yang lebih, dan tentu kami akan gunakan kekuatan mekanisasi dan teknologi, termasuk penyesuaian varietas yang tahan kekeringan," ujar Mentan SYL dalam rapat koordinasi antisipasi dampak iklim El Nino Provinsi Lampung, Rabu (2/8).

Mentan SYL mengatakan selama ini Provinsi Lampung adalah daerah penyangga langsung bagi daerah di Pulau Jawa.

Karena itu, dalam menghadapi El Nino ini Lampung harus menjadi daerah terbaik dalam peningkatan produkai bagi kepentingan nasional.

"Dan kelihatanya Pak Kadis yang ada di sini Pak Bupati Pak Gubernur sangat serius dan sangat antusias membantu kepentingan bangsa yang kita cintai ini," katanya.

Menurut SYL, upaya pemerintah dalam mengantisipasi dampak buruk el nino juga dilakukan dengan mendorong penanaman 1000 hektare di seriap daerah.

Khusus untuk wilayah Lampung, SYL berharap pimpinan daerah terus mendampingi petani dalam berproduksi.

Mentan SYL mendorong Pemprov Lampung segera mempercepat tanam dengan varietas tahan kering dan kekuatan teknologi untuk mengantisipasi dampak El Nino

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News