Hadapi El Nino, Mentan Syahrul Yasin Limpo Dorong Daerah Siapkan Lumbung Pangan

Hadapi El Nino, Mentan Syahrul Yasin Limpo Dorong Daerah Siapkan Lumbung Pangan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat memberikan arahan dalam Forum Diskusi 'Meskipun El Nino, Bisa Panen' di Kantor Pusat Standardisasi Instrumen Perkebunan, Bogor, Selasa (4/7) siang. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, BOGOR - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mendorong pemerintah daerah untuk menyiapkan lumbung pangan di daerahnya masing-masing untuk mengantisipasi dampak El Nino.

Menurut Syahrul, dampak El Nino bisa sangat berbahaya jika tidak diantisipasi secara tepat dan cepat.

“Lumbung dibutuhkan dalam menghadapi El Nino. Setiap daerah harus memiliki stok yang banyak. Bila buffer stock tidak kuat, El Nino bisa sangat berbahaya,” ungkap Syahrul saat memberikan arahan pada Forum Diskusi 'Meskipun El Nino, Bisa Panen' di Kantor Pusat Standardisasi Instrumen Perkebunan, Bogor, Selasa (4/7) siang.

Mentan Syahrul meminta pemerintah daerah untuk serius hadapi El Nino.

Apalagi cuaca ekstrem ini bisa sangat berdampak terhadap pasokan pangan masyarakat.

“Tugas utama pemerintah adalah menyediakan pangan untuk dikonsumsi masyarakat. Kalau kondisi pangan tidak baik, sama saja usaha kita menjadi nol. Buat apa kita punya jalan dan segala fasilitas bagus tapi tidak ada makanan untuk rakyat,” tegas Syahrul.

Selain mempersiaplan lumbung pangan, Syahrul juga meminta setiap daerah untuk menyiapkan lahan percontohan seluas seribu hektare.

Lahan percontohan ini akan menjadi lokomotif bagi peningkatan kapasitas produksi daerah tersebut.

Mentan Syahrul Yasin Limpo mendorong pemerintah daerah untuk menyiapkan lumbung pangan sebagai antisipasi menghadapi dampak buruk El Nino

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News