Antisipasi Hepatitis Akut saat PTM, Ini 4 Rekomendasi KPAI

Antisipasi Hepatitis Akut saat PTM, Ini 4 Rekomendasi KPAI
Komisioner KPAI Retno Listyarti. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memberikan empat rekomendasi kepada pemerintah dan orang tua dalam mengantisipasi penularan hepatitis akut saat pembelaran tatap muka atau PTM di sekolah.

Sebab, PTM dimulai di seluruh Indonesia pada 12 Mei 2022 seusai libur Lebaran dengan mobilitas pemudik yang melibatkan jutaan orang.

"Saat PTM di mulai, kemungkinan sekolah tidak mempersiapkan secara khusus untuk antisipasi hepatitis misterius," kata Komisioner KPAI Retno Listyarti dalam keterangan tertulis yang diterima JPNN.com, Kamis (12/5).

Bu Retno juga menilai persiapan protokol kesehatan (prokes) selama pandemi Covid-19 bisa digunakan untuk antisipasi hepatitis akut.

Namun, sekolah harus memastikan kepatuhan prokes warga sekolah selama PTM berlangsung.

"Sekolah dapat bekerja sama dengan puskesmas membantu pemerintah daerah untuk menyosialisasikan pencegahan virus hepatitis akut tersebut yang utamanya menyerang saluran cerna dan saluran pernapasan," ucapnya.

Berikut 4 Rekomendasi KPAI Mengantisipasi Hepatitis Akut:

1. Pemerintah dan Pemerintah Daerah melalui Dinas-Dinas Kesehatan harus segera melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para orang tua terkait informasi jelas tentang hepatitis akut dan upaya pencegahan seperti menjaga kebersihan lingkungan, memastikan prokes, mengenali tanda atau gejala awal Penyakit ini, dll;

2. Dinas Pendidikan bersama Dinas Kesehatan dapat menyosialisasikan pencegahan dan penanganan hepatitis akut melalui sekolah kepada peserta didik, pendidik, dan para orang tua agar memahami gejala-gejala awal penyakit hepatitis akut dan tindakan apa yang harus dilakukan para orang tua ketika anaknya menunjukkan gejala-gejala awal hepatitis akut, seperti mual, muntah, sakit perut, diare, kadang disertai demam ringan.

KPAI sampaikan empat rekomendasi bagi pemerintah dan orang tua mengantisipasi hepatitis akut saat PTM. Tolong dicermati agar anak tidak jadi korban.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News