Antisipasi Iklim Ekstrem El Nino, Begini Strategi Kementan di Subsektor Hortikultura

Antisipasi Iklim Ekstrem El Nino, Begini Strategi Kementan di Subsektor Hortikultura
Direktur Jenderal Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto memimpin rapat koordinasi dengan Tim Early Warning System dan Pengelolaan Tanam Hortikultura (EWS SIPANTARA) terkait kesiapan mengantisipasi dampak El Nino. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) meminta kepada seluruh jajarannya untuk segera melakukan langkah strategis dan antisipasi dalam menghadapi El Nino.

Berdasarkan data BMKG, El Nino diperkirakan mulai terjadi pada Juli-Agustus 2023.

Mentan SYL juga memastikan jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) telah siap siaga di lapangan untuk melakukan langkah-langkah preventif dalam menghadapi ancaman global El Nino.

Dia juga mengharapkan persiapan pemerintah daerah untuk ikut serta membantu para petani yang kesulitan dalam menghadapi iklim ekstrem ini.

"Semua pihak harus bergerak melakukan kolaborasi, adaptasi, dan antisipasi terhadap berbagai tantangan yang ada, termasuk dalam menghadapi cuaca ekstrem El Nino yang diperkirakan berlangsung hingga awal tahun 2024," tegas Mentan SYL.

Menindaklanjuti arahan Mentan SYL, Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto mengambil langkah cepat dengan berkolaborasi dan langkah konkret dengan membentuk Tim Early Warning System (EWS) dan Pengelolaan Tanam Hortikultura (SIPANTARA).

Rapat koordinasi dipimpin langsung Dirjen Prihasto dihadiri semua tim yang terdiri dari BMKG, Badan Informasi Geospasial (BIG), BRIN, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, BSIP Agroklimat dan Hidrologi Pertanian.

Dirjen Prihasto yang juga ahli lingkungan dan agroklimat itu menjelaskan tim EWS SIPANTARA tidak hanya membuat prediksi (peringatan dini) untuk 3-5 bulan ke depan.

Kementan telah siap siaga di lapangan untuk melakukan langkah-langkah preventif dalam menghadapi ancaman iklim ekstrem El Nino

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News