Antisipasi Karhutla di Riau Sudah Dilakukan Sejak Awal Kemarau

Antisipasi Karhutla di Riau Sudah Dilakukan Sejak Awal Kemarau
Penanggulangan karhutla dan asap oleh Manggala Agni. Foto : Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia sebetulnya sudah melakukan upaya antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau dengan cepat sejak awal musim kemarau tiba.

Daerah Operasi (Daops) Manggala Agni yang dibentuk Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terus berpatroli darat di daerah yang terpantau satelit terdapat hotspot di lapangan ketika masuk musim kemarau dan selalu siap memadamkan titip api yang muncul.

Namun, kobaran api ternyata amat cepat membesar.

"Karenanya koordinasi dengan pemerintah daerah harus ditingkatkan seperti disampaikan Presiden Jokowi. Presiden ingin koordinasi horizontal kuat dan koordinasi vertikal juga harus kuat," kata Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK Ruandha Agung Sugardiman di Jakarta, Jumat (20/9).

Ruandha menjelaskan, keseriusan pemerintah untuk segera memadamkan karhutla di Riau makin jelas saat kedatangan Presiden Jokowi ke beberapa lokasi sentral.

Hal itu dapat dibuktikan dengan instruksi Presiden Jokowi yang meminta secara cepat 5.600 tenaga tambahan dari prajurit TNI dan Polri dan tiga pesawat TMC untuk membantu percepatan penanggulangan karhutla.

Kemudian Ruandha menjelaskan, usaha penanggulangan karhutla di Riau juga dilaksanakan lintas sektoral dengan kementerian dan lembaga pemerintah lainnya, seperti antara lain TNI, Polri, BPPT, BNPB dan BMKG untuk proses pelaksanaan hujan buatan.

"Kami (KLHK) yang monitor di mana ada lidah api. Lalu lapor ke BNPB ada titik api. Selanjutnya memeriksa bersama BMKG, mana yang ada bibit-bibit awan, arah anginnya ke mana. Setelah itu pesawat terbang menaburkan ke sebelah mana. Nanti kalau sudah kondensasi, pada waktunya akan hujan," ucap Ruandha.

Pemerintah Indonesia sebetulnya sudah melakukan upaya antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau dengan cepat sejak awal musim kemarau tiba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News