Antisipasi Karhutla, Menteri Siti: KLHK Lakukan 3 Langkah Strategis Termasuk Pemanfaatan TMC

Antisipasi Karhutla, Menteri Siti: KLHK Lakukan 3 Langkah Strategis Termasuk Pemanfaatan TMC
Menteri LHK Siti Nurbaya (tengah) didampingi Dirjen Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Laksmi Dhewanthi KLHK Laksmi Dhewanti (kanan) dan Kepala BRGM Hartono ketika memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Karhutla yang digelar di KLHK, akhir pekan lalu. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Meski saat ini masih dalam musim penghujan, namun di beberapa daerah, mulai berlangsung musim panas dan terlihat titik api kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Oleh karena itu untuk mengantisipasi Karhutla menjelang bulan suci Ramadan dan Idulfitri sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan koordinasi dengan lembaga terkait yang selama ini sudah bekerja sama dengan baik guna mengatasi Karhutla tersebut.

“Salah satu yang cukup strategis adalah pemanfaatan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), lalu peningkatan kapasitas Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api (MPA) serta penetapan status siaga darurat,” tegas Menteri LHK Siti Nurbaya ketika memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Karhutla yang digelar di KLHK, akhir pekan lalu.

Rakornis ini selain diikuti pejabat KLHK seperti Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Laksmi Dhewanthi, Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Sigit Reliantoro, juga Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Hartono, Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Fajar Setyawan, Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG A Fachri Radjab, dan Asdep 4/V Kamtibmas Nyoman Sukasana.

Menteri LHK mengapresiasi seluruh pihak atas kerja sama dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan di tahun 2023. Luas karhutla di tahun 2023 mengalami penurunan 29,59 persen dibanding luas karhutla di tahun 2019.

Hal ini merupakan suatu pencapaian yang baik mempertimbangkan intensitas El Nino di tahun 2023 lebih Moderat-kuat dibanding tahun 2019.

Dalam kaitan keberhasilan menurunnya persentase karhutla, Menteri Siti Nurbaya berulang kali menyatakan apresiasi atas kerja sama yang sangat tinggi.

"Dengan tulus saya ingin sampaikan di sini ucapan terima kasih kami, terutama selama masa-masa yang berat dalam penanganan karhutla kepada BNPB. BMKG, BRIN, TNI, Polri, dan tentunya Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api (MPA),” ucap Menteri Siti.

Menteri Siti mengatakan KLHK akan melakukan tiga langkah strategis untuk mengantisipasi karhutla. Salah satunya pemanfaatan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News