Antisipasi Lonjakan Penumpang, Pelni Ubah Rute Perjalanan

Antisipasi Lonjakan Penumpang, Pelni Ubah Rute Perjalanan
Kapal milik Pelni. Foto dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyatakan kesiapannya untuk melayani penumpang pada masa angkutan mudik 2016. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada rute Semarang-Kumai-Surabaya-Banjarmasin, Sampit-Surabaya dan Sampit-Semarang.

Pelni melakukan perubahan rute atau rerouting KM Egon. Kapal jenis Roro ini nantinya akan dialihkan rutenya dari semula Surabaya-Lembar-Waingapu-Ende-Lembar-Surabaya menjadi Surabaya-Kumai-Semarang-Sampit-Semarang-Banjarmasin.

Manager Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan PT Pelni Akhmad Sujadi menjelaskan, pengalihan rute KM Egon dari Surabaya-Lembar-Waingapu-Ende-Lembar-Surabaya ke Rute Jawa-Kalimantan karena pada rute Surabaya-Lembar sampai Ende, penumpangnya masih minim.

"Sementara, permintaan pada peak season rute Jawa Tengah-Jawa Timur ke Kalimantan bagian selatan permintaanya cukup tinggi karena itu rerouting menjadi pilihan dalam keterbatasan armada," ujar Sujadi dalam siaran persnya, Senin (20/6).

Dengan rerouting ini, sambung Sujadi, sebagian permintaan masyarakat bisa dipenuhi PT Pelni. Di mana sebelumnya, KM Egon pada tahun lalu menjalani rute Semarang-Kumai-Sampit-Banjarmasin-Semarang.

"Namun untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah lain, rutenya dialihkan ke Surabaya-Lembar-Waingapu-Ende-Lembar-Surabaya. Sehingga Pelni bisa berperan aktif membantu pemerintah dalam pertumbuhan dan pemerataan perekenomian wilayah," tandas Sujadi. (chi/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Tips Fashion Selama Ramadan

JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyatakan kesiapannya untuk melayani penumpang pada masa angkutan mudik 2016. Untuk mengantisipasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News