Antisipasi Merembet ke Jakarta

KLB Hepatitis A di Jawa Barat

Antisipasi Merembet ke Jakarta
Antisipasi Merembet ke Jakarta
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sedikit bernafas legas setelah ada kabar serangan Hepatitis A di Kota Depok, Jawa Barat mulai menurun. Meskipun begitu, institusi berslogan Bakti Husada itu tetap mengantisipasi serangan Hepatitis A yang sudah diputuskan menjadi KLB ini tidak menjalar hingga ke DKI Jakarta.

Paparan penurunan kasus Hepatitis A di kawasan Depok ini dipaparkan oleh Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2-PL) Kemenkes Tjandra Yoga Aditama kemarin (10/11). Melalui keterangan tertulisnya, Tjandra menerangkan jika selama dua hari terakhir (8-9/11) hanya ditemukan satu tambahan kasus baru Hepatitis A di Depok. Dengan demikian, sejak ditetapkan KLB beberapa waktu lalu kawasan ini tercatat ada 90 kasus Hepatitis A. Hampir seluruhnya menyerang siswa.

Tjandra menuturkan, laporan petugas kesehatan setempat menyebutkan masih ada empat orang yang menjalani perawatan. "Tapi kondisinya dalam keadaan terkontrol," paparnya. Kasus Hepatitis A lainnya saat ini sudah mulai membaik dengan tanda-tanda pasien sudah masuk tahap pemulihan. Namun tetap dengan pengawasan petugas puskesmas setempat.

Untuk mengetahui sumber penularan Hepatitis A ini, Tjandra menuturkan dilakukan pengujian sampel air dan makanan. Dia menuturkan, pengujian ini masih berlangsung di laboratorium Institut Pertanian Bogor (IPB). Selain itu, Tjandra juga megnatakan petugas kesehatan terus menggalakkan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sedikit bernafas legas setelah ada kabar serangan Hepatitis A di Kota Depok, Jawa Barat mulai menurun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News