Antisipasi Peningkatan Kasus COVID-19 dari Penyelenggaraan PON XX

Antisipasi Peningkatan Kasus COVID-19 dari Penyelenggaraan PON XX
Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia Dr. Masdalina Pane. (ANTARA/Anita Permata Dewi)

jpnn.com, JAKARTA - Para pihak terkait diingatkan untuk mengantisipasi adanya peningkatan kasus COVID-19 dari penyelenggaraan PON ke-XX yang dilaksanakan di Papua.

Menurut Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia Dr. Masdalina Pane, antisipasi sangat penting.

Mengingat penyelenggaraan PON XX menimbulkan adanya kerumunan.

"Ke depan ini yang harus diwaspadai adalah PON XX," ujar Masdalina dalam webinar bertajuk 'Jurus Antisipasi Gelombang Ketiga' yang diikuti di Jakarta, Selasa (28/9).

Masdalina menyebut, selama berlangsungnya PON XX terjadi interaksi banyak orang, sehingga berpotensi meningkatkan jumlah kasus COVID-19, meski protokol kesehatan ditaati.

"Dengan pertemuan banyak orang pada PON sekali pun dengan protokol kesehatan yang ketat, harus menjadi antisipasi," katanya.

Menurut Masdalina, kewaspadaan harus dilakukan mengingat beberapa gelaran olah raga berskala internasional seperti Piala Eropa dan Olimpiade Tokyo beberapa waktu lalu, berimbas pada kenaikan jumlah kasus COVID-19 selama pekan olah raga tersebut berlangsung.

PON XX Papua dijadwalkan akan berlangsung di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke pada 2-15 Oktober 2021.

Para pihak terkait diingatkan untuk mengantisipasi adanya peningkatan kasus COVID-19 dari penyelenggaraan PON XX.

Sumber ANTARA