Antisipasi Varian Omicron, Ganjar Minta Masyarakat di Jateng Melakukan Ini

Antisipasi Varian Omicron, Ganjar Minta Masyarakat di Jateng Melakukan Ini
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat acara penanaman bibit pohon di kawasan Hutan Pinus Setro Desa Batealit, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara, Sabtu (4/12/2021). ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.

jpnn.com, JEPARA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan sampai saat ini provinsinya masih aman dari varian baru Covid-19, yakni Omicron.

Namun demikian, Ganjar meminta semua masyarakat di Jateng tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin guna mencegah varian Omicron tersebut. 

Ganjar mengatakan selain disiplin memakai masker, rajin mencuci tangan dan menghindari kerumunan serta menjaga jarak, masyarakat juga diminta tidak bepergian saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Alhamdulillah hingga saat ini Jateng masih aman dari penyebaran Covid-19 Omicron, tetapi masyarakat harus tetap waspada," kata Ganjar ditemui di sela-sela kegiatan menanam bibit pohon di kawasan Hutan Pinus Setro Desa Batealit, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara, Jateng, Sabtu (4/12).

Dia menambahkan Pemerintah Provinsi Jateng sudah melakukan langkah antisipasi dengan melakukan uji tes secara acak, dan setiap pengambilan sampel agar langsung dites dengan whole genome sequencing yang dapat mendeteksi varian baru Covid-19 di sana.

Langkah antisipasi di bandara juga dilakukan dengan melakukan testing secara terus menerus.

Pemprov Jateng juga akan melakukan pengontrolan jumlah pengunjung objek wisata selama libur Natal dan Tahun Baru, agar tidak terjadi kerumunan. 

Namun, ketika tidak bisa dikendalikan maka terpaksa akan diambil keputusan tegas dengan melakukan penutupan. (antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan sampai saat ini provinsinya masih aman dari varian baru Covid-19, yakni Omicron. Namun, dia meminta masyarakat tetap waspada.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News