Anton Galushka-Adaykin, Orang Ukraina Pertama yang Studi di Indonesia

Fasih Berbahasa Jawa dan Ngefan Arema

Anton Galushka-Adaykin, Orang Ukraina Pertama yang Studi di Indonesia
Anton Galushka-Adaykin di depan patung Raja Yaroslav Mudriy (Yaroslav Yang Bijaksana) di sebuah taman di Kharkiv. Foto: Agung Putu Iskandar/Jawa Pos
Tidak banyak warga Indonesia di Ukraina. Tidak banyak pula warga Ukraina yang memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan Indonesia. Nah, Anton Galushka-Adaykin justru jadi profesor setelah meneliti hal-hal yang berkaitan dengan Indonesia.

 

 AGUNG P. ISKANDAR, Kharkiv
 

KERETA cepat dari Kiev baru berhenti di Stasiun Kharkiv beberapa menit menjelang tengah malam Selasa lalu (12/6). Baru beberapa langkah keluar gerbong, situasi dingin Eropa Timur mulai terasa. Tapi, suasana mulai menghangat ketika seorang lelaki berambut pirang dengan pipi dipenuhi cambang menyapa Jawa Pos.

 

"Nuwun sewu (permisi). Dari Indonesia, ya?" kata lelaki yang tampil rapi dengan setelan jas putih dipadu sepatu warna senada tersebut. Merasakan suasana Indonesia di Ukraina saja sudah sangat langka, apalagi mendengar orang asli negeri pecahan Uni Soviet itu bertutur dalam bahasa Jawa.

 

Ya, lelaki bernama Anton Galushka-Adaykin itu memang bisa berbahasa Jawa. Pun, bahasa Indonesia dan Arab. Kendati beragama Kristen ortodoks yang banyak dianut bangsa Slavic, lelaki yang akrab dipanggil Anton tersebut juga bisa membaca Alquran. "Monggo, mari kita jalan-jalan dulu," kata Anton.

Tidak banyak warga Indonesia di Ukraina. Tidak banyak pula warga Ukraina yang memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan Indonesia. Nah, Anton

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News