Anugerah Kihajar 2022: Duta Teknologi Didominasi Guru Penggerak, Mas Nadiem Ungkap Harapannya 

Anugerah Kihajar 2022: Duta Teknologi Didominasi Guru Penggerak, Mas Nadiem Ungkap Harapannya 
Kemendikbudristek memberikan Anugerah Kihajar 2022 kepada guru, sekolah, dan kepala daerah yang komitmen melakukan transformasi digital dalam pembelajaran. Foto: Humas Kemendikbudristek

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bahwa saat ini transformasi teknologi digital telah dilakukan dengan mengedepankan platform pendidikan yang mengutamakan kebutuhan pemangku kependidikan, guru, kepala sekolah, dan kepala dinas. 

“Semua sudah membuktikan bahwa teknologi digital bisa menunjang proses implementasi berbagai terobosan Merdeka Belajar secara lebih cepat dan efisien,” ujar Mas Nadiem, sapaan akrab Nadiem Anwar Makarim, saat memberikan sambutan secara virtual pada acara Anugerah Kihajar 2022 di Kantor Kemendikbudristek, Jakarta, Rabu (30/11).

Mas Nadiem menjelaskan salah satu faktor yang mendorong pengembangan transformasi digital adalah semangat para guru, pelajar, dan para pemerintah daerah (pemda) untuk mengikuti berbagai pelatihan teknologi yang diadakan Kemendikbudristek.

Sebut saja program Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (PembaTIK), Kihajar STEM (Science, Technology, Engineering, Math), serta materi-materi pembelajaran yang dibagikan melalui platform belajar.id.

Untuk itu, lanjut dia, sebagai apresiasi semangat dalam mengakselerasi transformasi sistem pendidikan dengan Gerakan Merdeka Belajar, Kemendikbudrsitek menggelar Anugerah Kihajar 2022.

Menteri Nadiem berharap Anugerah Kihajar 2022 dapat mendorong semangat belajar para peserta didik serta guru sebagai pembelajar sepanjang hayat dan penggerak perubahan.

Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) Kemendikbudristek Muhammad Hasan Chabibie mengungkapkan bahwa dalam masa pandemi dua tahun terakhir, guru dan dosen telah menggunakan teknologi sebagai media dalam pembelajaran jarak jauh.

Transformasi tersebut dapat dilaksanakan karena adanya kolaborasi dan gotong royong semua pihak. 

Para duta teknologi dalam anugerah Kihajar 2022 didominasi guru penggerak, Mas Nadiem Makarim menyampaikan harapannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News