Apa itu Cegukan? Simak Penjelasannya

Apa itu Cegukan? Simak Penjelasannya
Saat seseorang cegukan. Foto: source YouTube

jpnn.com - Hampir semua orang pernah mengalami cegukan. Awalnya cegukan mungkin terasa sepele, namun bila terjadi secara terus menerus pasti akan sangat menganggu.

Nah, apakah Anda tahu apa arti cegukan itu sendiri?

Menurut spesialis pengobatan internal Cedars-Sinai, Nicole Van Groningen, M.D, Cegukan, yang dikenal dengan istilah medis singultus, adalah spasme diafragma yang tidak disengaja dan intermiten.

Diafragma Anda adalah otot berbentuk kubah tepat di bawah paru-paru Anda dan itu adalah otot utama yang Anda gunakan untuk bernapas, menurut National Heart, Lung dan Blood Institute (NHLBI).

Setiap kali Anda menarik napas, diafragma Anda mengencang dan bergerak ke bawah. Saat Anda bernapas, ia akan rileks dan naik ke rongga dada Anda.

Ketika sesuatu mengiritasi diafragma Anda, maka hal tersebut bisa menimbulkan spasme dan membuat Anda menyedot udara ke tenggorokan Anda.

Ups, sekarang Anda mengalami cegukan. Setelah setiap kontraksi diafragma Anda, pita suara Anda menutup, menciptakan suara "hic" yang khas itu, menurut Mayo Clinic.

Kebanyakan cegukan akan mereda setelah beberapa menit, tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, cegukan bisa berlangsung lebih lama dari itu.

Awalnya cegukan mungkin terasa sepele, namun bila terjadi secara terus menerus pasti akan sangat menganggu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News