Apa Itu Diet Alkali?

Apa Itu Diet Alkali?
Makanan penunjang diet alkaline. Foto: Istimewa

jpnn.com - Untuk mendapatkan bentuk tubuh proposional, ada banyak cara diet yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah diet alkali.

Diet alkali adalah pengaturan pola makan untuk menyeimbangkan pH dalam tubuh.

Diet ini mengganti lebih banyak makanan asam dengan bahan yang memiliki pH basa 7 atau lebih tinggi.

Para pendukung diet ini percaya bahwa mengonsumsi makanan alkali sebagian besar akan membantu menjaga tingkat pH darah Anda senormal mungkin.

Pada gilirannya, diet ini bisa dianggap mengurangi risiko Anda terkena sejumlah penyakit, termasuk kanker dan artritis, serta meningkatkan tingkat energi, mengurangi peradangan dan sejumlah manfaat kesehatan lainnya.

Dan apa yang bisa Anda konsumsi? Makanan dengan tingkat pH basa (atau dasar) diizinkan untuk pendukung diet ini, termasuk mengonsumsi buah, sayuran, tahu, kedelai dan beberapa kacang serta biji-bijian.

Namun, Anda tidak bisa mengonsumsi makanan seperti daging, telur, susu (susu kambing diperbolehkan), sebagian besar biji-bijian dan makanan olahan.

Meskipun makanan pada diet alkali adalah pilihan yang sehat, namun tidak ada bukti ilmiah bahwa mengonsumsi makanan alkali benar-benar mengubah pH darah Anda.

Para pendukung diet alkali percaya bahwa mengonsumsi makanan alkali sebagian besar akan membantu menjaga tingkat pH darah Anda senormal mungkin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News