Apa Kabar PPPK Afirmasi? Ketum Honorer K2 Minta Tenaga Teknis Administrasi Diprioritaskan

Apa Kabar PPPK Afirmasi? Ketum Honorer K2 Minta Tenaga Teknis Administrasi Diprioritaskan
Para pentolan honorer K2 yang terus berjuang mendapatkan status sebagai ASN bagi seluruh K2. Foto dok. PHK2I for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum Perkumpulan Honorer K2 Indonesia (PHK2I) Sahirudin Anto meminta pemerintah menyediakan formasi PPPK 2023 untuk tenaga teknis administrasi. Tidak hanya itu, pemerintah juga didesak memberikan afirmasi bagi honorer teknis administrasi sama seperti guru dan tenaga kesehatan.

"Sudah saatnya pemerintah memberikan formasi dan afirmasi untuk honorer teknis administrasi, karena selama ini kami dianaktirikan," kata Udin, sapaan akrab Sahirudin, kepada JPNN.com, Jumat (28/4).

Dia mengungkapkan honorer teknis administrasi seperti kehilangan induknya.

Menurut dia, guru honorer induknya ialah pemerintah daerah, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), dan Kementerian Agama (Kemenag).

Tenaga kesehatan (nakes) honorer induknya ialah Kementerian Kesehatan (Kemenkes).  Penyuluh pertanian induknya Kementerian Pertanian (Kementan).

"Honorer teknis administrasi induknya siapa? Bingung,  kan, karena semua ada di semua lintas instansi," ungkap Udin.

Udin menduga karena induknya banyak maka itulah yang menjadi penyebab pemerintah pusat kebingungan mengambil kebijakan, bahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas pun kaget akan keberadaan mereka.

Udin mengaku sedih karena sekelas MenPAN-RB Azwar Anas tidak tahu soal honorer teknis administrasi, padahal sebelumnya menjadi bupati Banyuwangi dua periode. Dia pun mempertanyakan apakah itu pura-pura tidak tahu atau kurang peduli dengan keberadaan honorer teknis administrasi.

Ketua Umum Perkumpulan Honorer K2 Indonesia (PHK2I) Sahirudin Anto meminta pemerintah menyediakan formasi PPPK 2023 untuk tenaga teknis administrasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News