Apakah PDIP Rela jika PKS Mengajukan Cawapres untuk Jokowi?

Apakah PDIP Rela jika PKS Mengajukan Cawapres untuk Jokowi?
PKS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Ari Junaedi menilai sembilan nama yang dirilis Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai calon presiden dan calon wakil presiden, bisa jadi juga akan disodorkan ke Presiden Joko widodo, untuk dipertimbangkan sebagai pendamping mantan wali Kota Surakarta tersebut pada Pemilu 2019 mendatang.

"Saya kira hal tersebut dapat saja terjadi. Mungkin sebagai langkah alternatif dari PKS ketika melihat peluang kemenangan Prabowo Subianto (yang disebut juga bakal maju di Pilpres 2019,red) cukup kecil,” ujar Ari kepada JPNN, Senin (19/2).

Menurut pengajar di Universitas Indonesia ini, jika memang benar PKS mengajukan kadernya sebagai cawapres Jokowi, partai-partai pendukung Jokowi selama ini tentu tidak akan tinggal diam. Apalagi partai berlambang padi bulan sabit kembar tersebut, bukan bagian dari koalisi. PKS lebih cenderung memainkan pesan sebagai partai oposisi, yang kerap mengkritisi kebijakan pemerintah.

"Pertanyaannya sederhana, apakah misalnya PDI Perjuangan dan NasDem rela jika PKS memasang target RI-2 untuk mendampingi Jokowi. Tentu tidak bisa semudah yang dibayangkan. Karena dalam politik itu semua hal harus dipertimbangkan. Termasuk usulan dari partai-partai politik yang ada," ucapnya.

Sebelumnya, politikus PKS Fahri Hamzah mengatakan, saat ini terdapat gerakan di dalam PKS yang berharap bisa menjadi Calon Wakil Presiden Joko Widodo di Pemilu 2019 mendatang. Wakil Ketua DPR ini menyatakan, informasi tersebut diperoleh dari pengurus PKS.

Pandangan tersebut sepertinya tak terlalu berlebihan, meski diketahui hubungan Fahri dengan petinggi PKS kurang baik. PKS diketahui telah merilis sembilan nama bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden untuk diusung di 2019. Masing-masing, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid, mantan Presiden PKS Anis Matta, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Kemudian, Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al'Jufrie, mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring, Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf dan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.(gir/jpnn)


Menurut Ari, jika benar PKS mengajukan kadernya sebagai cawapres Jokowi, maka partai-partai pendukung Jokowi selama ini tentu tidak akan tinggal diam.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News