APBD 2015 Kaltara Diprediksi Tembus Rp 2,5 T

APBD 2015 Kaltara Diprediksi Tembus Rp 2,5 T
APBD 2015 Kaltara Diprediksi Tembus Rp 2,5 T

jpnn.com - TANJUNG SELOR - Meski masih belia, uang yang mengucur ke Kaltara terus bertambah. Jika tahun ini total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltara mencapai Rp 1,6 triliun, tahun depan, APBD Kaltara bakal naik drastis.

Penjabat Gubernur Kaltara Irianto Lambrie menyebutkan, total APBD 2015 Kaltara mencapai Rp 2,5 triliun.

“Melonjaknya cukup besar,” kata Irianto.

APBD 2015 yang mencapai Rp 2,5 triliun itu di antaranya bersumber dari dana bagi hasil (DBH), dana alokasi khusus (DAK), dan dana alokasi umum (DAU).

“Itu belum termasuk dana dekon (dekonsentrasi). Kita berjuang juga untuk mendapatkan dana dekon yang dialokasikan kementerian,” ungkapnya.

Besarnya anggaran yang diperoleh provinsi ke-34 itu, tahun depan, patut disyukuri. Terutama diperolehnya DAU yang mencapai Rp 651 miliar. Karena sebelumnya Kaltara tidak mendapatkan DAU. Berkat perjuangan yang dilakukan selama ini, pemerintah pusat pun mengalokasikan DAU yang menurutnya cukup besar.

Dijelaskannya, DAU merupakan dana perimbangan untuk keseimbangan antarwilayah provinsi. Tolok ukur di antaranya jumlah penduduk, luas wilayah, masalah yang dihadapi masing-masing daerah dan kemahalan harga.

Dia mencontohkan Malinau yang mendapat DAU sebesar Rp 643 miliar, karena Malinau merupakan kabupaten yang dengan wilayah yang cukup luas dibanding kabupaten/kota di Kaltara.

TANJUNG SELOR - Meski masih belia, uang yang mengucur ke Kaltara terus bertambah. Jika tahun ini total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News