APBS Bakal Dapat Suntikan Dana

Percepat Pelebaran dan Penambahan Kedalaman Laut

APBS Bakal Dapat Suntikan Dana
APBS Bakal Dapat Suntikan Dana
SURABAYA - Rencana pendalaman dan pelebaran alur pelayaran barat Surabaya (APBS) di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya diprediksi segera terealisasi. Pasalnya, pihak investor yang merupakan BUMD Nanjing Tiongkok telah menyatakan ketertarikannya untuk berinvestasi.

Kepala Badan Penanaman Modal (BPM) Jatim Warno Harisasono merespons positif upaya penjajakan pihak Tiongkok terhadap peluang investasi dalam kegiatan pelebaran dan pendalaman APBS tersebut. "Kami memang fokus membuka peluang investasi infrastruktur Jatim, salah satunya pelabuhan. Upaya Tiongkok untuk menjajaki dan mempelajari jalur serta kondisi tol laut ke sini (APBS) harus disambut baik," terangnya kepada wartawan akhir pekan lalu (13/8).

Ketertarikan Tiongkok, menurut Warno, juga merupakan hasil promosi peluang investasi Jatim di Tiongkok beberapa waktu lalu. Dari promosi itu, pihak Tiongkok diperkirakan bersedia menanamkan investasi senilai 45 triliun untuk berbagai sektor, khususnya pembangunan infrastruktur. "Supaya tidak kehilangan peluang, penjajakan ini harus segera ditindaklanjuti dengan pertemuan yang lebih teknis dan detail," terangnya.

Senada dengan Warno, Humas PT Pelindo III (Persero) Edi Priyanto menuturkan perlunya pertemuan yang membahas masalah teknis dan detail tersebut berkaitan dengan pelaksanaan, bentuk, dan lama waktu kerja sama, serta jumlah biaya hingga besaran sharing. "Mereka (BUMD Nanjing) tidak hanya mempelajari jalur dan kondisi tol laut. Respons positif tersebut juga berupa nilai investasi," terangnya.

SURABAYA - Rencana pendalaman dan pelebaran alur pelayaran barat Surabaya (APBS) di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya diprediksi segera terealisasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News