Apes..Kereta Supercepat Molor Gara-Gara Banjir

Apes..Kereta Supercepat Molor Gara-Gara Banjir
Talgo di India. Foto: Indiaexpress

NEW DELHI - India baru saja memiliki kereta api supercepat pada Senin malam (1/8). Namanya, Talgo. Kereta peluru buatan Spanyol tersebut sukses menjajal rute New Delhi-Mumbai yang menjadi trayek tetapnya nanti. Namun, karena hujan deras dan rel yang tergenang banjir, jadwal kedatangan Talgo molor sekitar tiga jam.

''Kereta yang membawa sembilan gerbong itu mulai meninggalkan stasiun kereta api di Kota New Delhi pada pukul 19.55 waktu setempat,'' terang sumber Indian Express, kemarin.

Seharusnya kereta canggih tersebut tiba di Kota Mumbai, ibu kota Negara Bagian Maharashtra, pada pukul 08.31. Atau, esok hari. Tetapi, lantaran cuaca buruk dan genangan air di jalur yang dilalui di Negara Bagian Gujarat, kereta terlambat datang.

Rel kereta api yang menghubungkan New Delhi dengan Mumbai menjulur sepanjang 1.384 kilometer. Dengan kecepatan sekitar 90 kilometer per jam, perjalanan membutuhkan waktu sekitar 16 jam.

Namun, berkat Talgo, waktu tempuh antar-dua kota besar India itu hanya berkisar 12 jam. Sebab, Talgo bisa melesat dengan kecepatan maksimal 150 kilometer per jam.

Selama ini kereta api menjadi moda transportasi favorit masyarakat India yang sering bepergian antara New Delhi dan Mumbai. Sebab, jika dibandingkan dengan kendaraan darat lain seperti bus atau mobil, kereta api masih lebih cepat.

Bila menggunakan bus atau mobil, jarak yang harus ditempuh bakal lebih jauh. Yaitu, mencapai 1.413 kilometer. Bus atau mobil dari New Delhi memerlukan waktu hampir 22 jam untuk mencapai Mumbai.

Kemarin media India melaporkan, dalam uji coba yang dihadiri para pakar kereta api Spanyol tersebut, Talgo sukses menerapkan kecepatan tertingginya.

 ''Kami harap nanti kereta api cepat itu pun bisa melesat hingga 130 kilometer per jam atau 150 kilometer per jam seperti yang telah dilakukan hari ini (kemarin, Red),'' ungkap Times of India.

Di antara sembilan gerbong yang dibawa, ada dua gerbong eksekutif dan empat gerbong umum. Talgo juga dilengkapi dengan satu gerbong khusus kantin. Selain itu, Talgo punya gerbong lokomotif dan ekor. Setelah uji coba perdananya sukses, Talgo kembali melakoni sesi uji coba kedua dan ketiga pada bulan ini. (Times of India/Indian Express/hep/c14/any/flo/jpnn)

 


NEW DELHI - India baru saja memiliki kereta api supercepat pada Senin malam (1/8). Namanya, Talgo. Kereta peluru buatan Spanyol tersebut sukses menjajal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News