Apkasindo Ingin Bangun Pabrik Sawit

Apkasindo Ingin Bangun Pabrik Sawit
Apkasindo Ingin Bangun Pabrik Sawit
JAKARTA--Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) berniat membangun pabrik sawit sendiri tanpa bergantung pada pengusaha lagi. Pasalnya, perkebunan swadaya milik petani banyak yang berjauhan dengan kebun rakyat maupun pabrik.

"Sawit itu sifatnya mudah rusak, karenanya harus cepat ditangani agar petani di pedesaan tidak rugi," kata Ketua DPP Apkasindo Asmar Arsyad dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Senin (14/2).

Di samping pertimbangan tersebut, lanjutnya, Apkasindo sendiri memiliki kebun kelapa sawit yang cukup memadai, yang luasnya sekitar 2,7 juta hektare. "Dari segi luas areal, Apkasindo yakin bisa bangun pabrik. Hanya saja dari masalah pembiayaan itu yang jadi kendala utama," sebutnya.

Dikatakannya, banyak koperasi yang kurang direspon pihak perbankan dalam hal pendanaan. Padahal, lembaga pembiayaan yang paling bersentuhan langsung dengan petani adalah koperasi. "Kami mohon dukungan DPR dan pemerintah untuk memperkuat posisi KUD agar Apkasindo bisa membangun pabrik rakyat sendiri," ujar Asmar.

JAKARTA--Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) berniat membangun pabrik sawit sendiri tanpa bergantung pada pengusaha lagi. Pasalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News