Aplikasi Bctemas.id Bikin Layanan Bea Cukai Tanjung Emas Makin Cepat

Aplikasi Bctemas.id Bikin Layanan Bea Cukai Tanjung Emas Makin Cepat
Bea Cukai Tanjung Emas Semarang meluncurkan aplikasi Bctemas.id. Foto: humas Bea Cukai

jpnn.com, SEMARANG - Bea Cukai terus mengembangkan layanan berbasis teknologi dan informasi untuk mempermudah pengguna jasa kepabeanan dan cukai.

Pengembangan layanan digital tersebut bertujuan untuk mendukung peran sebagai enabler dalam pembangunan perekonomian.

Saat ini, kantor-kantor pelayanan Bea Cukai berlomba untuk mempersiapkan diri menghadapi industri 4.0 dengan mengembangkan aplikasi mandiri.

Hal itu bertujuan menunjang kinerja pelayanan dan pengawasan Bea Cukai yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan tiap-tiap kantor.

Salah satu kantor pelayanan yang telah mengembangkan sebuah aplikasi layanan yang menjadi bentuk inovasi, dan terobosan dalam mengantisipasi perubahan proses bisnis terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah Bea Cukai Tanjung Emas.

"Kami meluncurkan aplikasi baru, yakni Bctemas.id yang menjadi lompatan teknologi dalam peningkatan efisiensi pelayanan dan efektivitas pengawasan kepabean dan cukai," kata Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas Anton Martin pada Senin (7/6).

Anton menjelaskan, Bctemas.id merupakan sistem aplikasi pengajuan pelayanan secara online pada Kantor Bea Cukai Tanjung Emas. Pengguna jasa dapat mengajukan pelayanan secara online dan juga memantau jalannya pelayanannya secara realtime.

Layanan online yang didukung oleh aplikasi ini yakni, pengajuan softcopy SKA, pengajuan DNP, dan pengajuan NPD.

Bea Cukai Tanjung Emas mengembangkan aplikasi Bctemas.id untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada pelanggan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News