Aplikasi Dongkrak Pendapatan Telkom

Aplikasi Dongkrak Pendapatan Telkom
Aplikasi Dongkrak Pendapatan Telkom
JAKARTA - Tumbuhnya aplikasi berperan mendongkrak pendapatan data dan internet diakui PT Telkom Tbk. Direktur Teknologi Informasi dan Suplai PT Telkom Tbk Indra Utoyo mengatakan, secara agregat pertumbuhan pendapatan dari data dan Internet mencapai di atas 30 persen. Konten kreatif, lanjutnya, telah mendorong pertumbuhan ini.’’ Karena kami tidak menjual konektivitas tanpa aplikasi,’’ ujarnya di Jakarta, Kamis (27/5).

Telkom mengalokasikan dana Rp15 miliar per tahun untuk menggelar kegiatan tanggung jawab sosial industri kreatif sejak dua tahun belakangan ini. Dana itu dimanfaatkan untuk mendukung pagelaran Santri Indigo, Indigo Fellowship, Indigo Fellow, dan Indigo Award. Pagelaran acara itu sendiri ditujukan bagi masyarakat kreatif yang selama ini belum tersentuh.

Program Indigo Fellowship bertujuan membangun creativepreneur bidang industri kreatif sekaligus sebagai inkubasi bisnis dalam rangka link and match startup bisnis dalam industri kreatif teknologi informasi dan komunikasi. ’’Secara lokal nasional, belum ada aplikasi yang mempunyai brand dan hasil desain lokal, karena karena selama ini industri kreatif TIK masih menjadi "penjahit" bukan sebagai perancang aplikasi,’’ jelasnya. Di Korea, lanjut Indra, negara menyediakan infrastruktur untuk fasilitas produksi produk kreatif sehingga pelaku industri kecil tidak perlu menanam modal software dan hardware.

Karenanya, Telkom berharap para kreator dapat fokus dengan kreativitas tanpa perlu memikirkan investasi peranti keras atau peranti lunak dengan mencoba menggerakkan program tersebut dengan pendekatan horisontal atau memposisikan diri untuk berpihak kepada industri kreatif TIK lokal.

JAKARTA - Tumbuhnya aplikasi berperan mendongkrak pendapatan data dan internet diakui PT Telkom Tbk. Direktur Teknologi Informasi dan Suplai PT Telkom

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News