Aplikasi Koran Bentuk Komik untuk Anak

Aplikasi Koran Bentuk Komik untuk Anak
KREATIF: Aplikasi yang menerjemahkan koran dalam bentuk komik. FOTO: Ist
TOKYO - Koran selama ini dikenal "tak ramah" pada anak-anak sebab hanya sedikit yang mau menyediakan halaman khusus soal anak. Kalaupun ada, tak jarang rubrik atau halamannya pun kaku sehingga kurang menarik jika dibaca anak. Tapi penemuan Tokyo Shinbun dan sebuah biro iklan asal Jepang, Dentsu, diperkirakan bakal jadi terobosan memunculkan minat anak membaca koran sejak dini.

Terobosan tersebut diprediksi akan memanjangkan umur koran yang sejak lama diprediksi bakal tergusur kepraktisan serta kecepatan media online.

Penerbit salah satu koran terbesar di Jepang dan biro iklan tersebut, berhasil menciptakan perangkat lunak smartphone yang diklaim bisa menterjemahkan isi artikel koran menjadi lebih menarik bagi anak-anak. Caranya, sangat mudah. Jika biasanya kita membaca koran dengan mata telanjang, maka untuk anak-anak harus lewat smartphone berkamera yang sudah terpasang perangkat lunak tadi.

Begitu kamera disorotkan ke teks artikel atau berita yang ada di koran, maka yang muncul bukan hanya teks saja. Perangkat lunak tersebut menterjemahkan sendiri menjadi tampilan kartun. Tokoh inilah yang nantinya akan membacakan isi teks.

TOKYO - Koran selama ini dikenal "tak ramah" pada anak-anak sebab hanya sedikit yang mau menyediakan halaman khusus soal anak. Kalaupun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News