Aplikasi Layanan Informasi Publik info.go.id Memudahkan Masyarakat

Aplikasi Layanan Informasi Publik info.go.id Memudahkan Masyarakat
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) meluncurkan Aplikasi Layanan Informasi Publik info.go.id. Foto dok Kominfo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) meluncurkan Aplikasi Layanan Informasi Publik info.go.id, yang tidak hanya menawarkan kemudahan tetapi juga informasi yang terintegrasi antar Kementerian, Lembaga, Pemerintah Pusat, hingga Pemerintah Daerah.

Peluncuran ini diresmikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, di West Java Ballroom, The Westin Jakarta (23/8).

“Data menunjukkan saat ini terdapat 27.400 aplikasi milik Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D) yang berpotensi saling tumpang tindih dan berdiri sendiri-sendiri termasuk Aplikasi Layanan Informasi Publik. Melalui keberadaan satu aplikasi terintegrasi, efisiensi belanja aplikasi dan pemantauan efektivitas layanan informasi publik secara nasional dapat lebih mudah tercapai,” ujar Budi.

Aplikasi info.go.id kini telah resmi sebagai Aplikasi Umum Layanan Informasi Publik Nasional. Ke depannya, diharapkan mampu menjadi one stop service for public information, sehingga masyarakat tidak perlu repot mencari lokasi informasi publik di setiap badan publik negara. Meski begitu, aplikasi ini masih perlu terus dievaluasi dan dikembangkan secara bertahap guna semakin mengoptimalkan manfaatnya.

Lewat kehadiran aplikasi info.go.id, diharapkan publik bisa mengakses info dengan mudah secara daring, yang lebih relevan dengan perkembangan teknologi kiwari.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian komunikasi dan informatika Republik Indonesia, Usman Kansong menyampaikan aplikasi info.go.id yang diluncurkan untuk memberikan akses mudah dan cepat kepada masyarakat akan informasi yang mereka butuhkan di manapun dan kapan pun.

Informasi publik yang akurat, jelas, dan tepat waktu disampaikan Usman, adalah kunci dalam mewujudkan tatanan masyarakat yang lebih partisipatif dan cerdas.

“Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang akan membantu masyarakat dalam mengakses informasi yang akurat karena bersumber langsung dari Badan Publik. Mulai dari berita terkini, peraturan-peraturan terbaru, acara-acara penting, hingga informasi tentang layanan publik yang ada di sekitar kita. Semua informasi ini dapat diakses dengan mudah melalui genggaman tangan, kapan pun dibutuhkan,” tutur Usman.

Aplikasi info.go.id yang diluncurkan untuk memberikan akses mudah dan cepat kepada masyarakat akan informasi yang mereka butuhkan di manapun dan kapan pun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News