Aplikasi Ruang Ortu, Bantu Orang Tua Memantau Perkembangan Anak

Aplikasi Ruang Ortu, Bantu Orang Tua Memantau Perkembangan Anak
Aplikasi Ruang ORTU. Foto: dok ASIA

jpnn.com, JAKARTA - Platform Ruang Ortu by Asia resmi diluncurkan ke publik baru-baru ini. Ruang Ortu merupakan aplikasi digital parenting pertama di Indonesia yang memudahkan orang tua dalam mengasuh dan memantau perkembangan anak-anak.

Aplikasi itu dikembangkan DEF GHI bersama Alumni Sekolah Islam Al-Azhar (ASIA) melalui  komunitas ASIA EDU.

Itu adalah organisasi yang mengambil peran aktif dengan mengisi posisi sebagai mitra para orang tua dalam implementasi pengasuhan digital. 

Acara tersebut dihadiri perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Yayasan Pesantren Indonesia Al Azhar, organisasi orang tua murid dan guru di sekolah-sekolah Al Azhar, Direktur Utama RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, Fidiansjah, serta Ustaz Hamdi Solah Al-Bakry.

"Kami selaku pengembang Ruang ORTU by ASIA, sangat bangga bisa memperkenalkan untuk kali pertama kepada publik, aplikasi yang sangat bermanfaat bagi orang tua dalam pengawasan terhadap anak-anak mereka untuk penggunaan gawai," kata Ketua Umum ASIA Mohammad Ilham Anwar, melalui siaran persnya, di Jakarta.

Menurut Direktur DEF GHI Rafik Ahmad mengatakan mulai dari pengembangan hingga peluncuran aplikasi tersebut tak lepas dari campur tangan berbagai pihak.

"Oleh karena itu, kami menaruh harapan besar agar aplikasi Ruang ORTU by ASIA dapat terus disosialisasikan di lingkungan sekolah di Indonesia," ujar Rafik.

Pada kesempatan tersebut, Asisten Deputi Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak pada Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Imron Rosadi, mengapresiasi peluncuran Ruang ORTU by ASIA.

Aplikasi Ruang Ortu layak didukung dengan rekomendasi kebijakan agar bisa diperluas untuk komunitas pendidikan dan orang tua lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News