JPNN.com

Beri Parenting di Kala Pandemi, Stafsus Menkominfo: Batasi Penggunaan Gadget Bagi Anak

Jumat, 11 Desember 2020 – 20:00 WIB
Beri Parenting di Kala Pandemi, Stafsus Menkominfo: Batasi Penggunaan Gadget Bagi Anak - JPNN.com
Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti. Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti menyoroti pentingnya perkembangan media digital bagi anak.

Keamanan virtual bagi anak menjadi hal yang penting saat ini. Karena itu, isu parenting atau peran orang tua bagi anak sangat krusial.

“Ketika anak-anak, dari kecil sampai remaja lebih banyak go virtual memanfaatkan internet, harus benar-benar dikawal oleh orang tua, karena internet isinya tidak hanya konten positif saja, tapi juga hal-hal negatif seperti pornografi, hoaks dan lain-lain,” ujar Niken, Jumat (11/12).

Di tengah pandemi Covid-19, dikatakan Niken tren penggunaan internet melalui gawai melonjak tajam.

Kegiatan nonton film meningkat 75 persen dan penggunaan media sosial meningkat 47 persen. Artinya, hampir semua seluruh kegiatan di internet trennya menanjak.

Karenanya Niken mengimbau agar orang tua memperhatikan perilaku anak dalam menggunakan gadget.

“Kepada keluarga, gadget selain untuk anak belajar, harus juga menjaga keamanan anak-anak berselancar di internet di masa pandemi. Sering-sering anak diajak bertukar pikiran tentang aktivitas online, gunakan antivirus juga untuk mengontrol privacy di gadget dan lakukan kegiatan online bersama untuk menangkal hoaks,” imbau Niken.

Pesan serupa juga disampaikan oleh Konselor Keluarga Robiah Al Adawiyah. Dinamika digital saat ini menurutnya menuntut semua generasi untuk cerdas bergadget dalam keluarga.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...