Apple Daur Ulang iPhone untuk Produksi Komponen Murah

Apple Daur Ulang iPhone untuk Produksi Komponen Murah
Logo Apple. Foto: Ubergizmo

jpnn.com - Menggenjot efisiensi dalam peningkatan nilai tambah produksi, Apple Inc memanfaatkan robot Daisy untuk memisahkan kandungan mineral dari proses daur ulang iPhone.

Kandungan mineral yang sudah dipisahkan, kemudian digunakan kembali untuk memproduksi komponen bernilai ekonomis.

Langkah daur ulang tersebut, sebagai bagian strategi Apple mengurangi ketergantungan pada industri pertambangan untuk mendapatkan bahan baku pembuatan komponen.

"Kami tidak berkompetisi dengan pertambangan. (Industri) pertambangan tidak perlu takut dengan pengembangan ini," kata kepala kebijakan lingkungan dan sosial Apple, Lisa Jackson, dikutip dari Reuters.

Apple Inc mendaur ulang iPhone di manufaktur di Austin, Texas. Robot Daisy bisa membongkar agar 14 mineral yang ada di sebuah unit ponsel, termasuk lithium, bisa diekstrak.

Salah satu pekerjaan robot Daisy ialah mengeluarkan baterai iPhone, pertama ponsel dipanaskan di udara bersuhu -80 derajat Celsius. Kedua, robot akan mengeluarkan baut dan modul di dalam ponsel.

Komponen-komponen ini kemudian dikirim ke pendaur ulang untuk diekstrak dan dimurnikan. Robot Daisy bisa membongkar 200 unit iPhone per jam.

Apple sudah menggunakan mineral daur ulang untuk produk-produknya, antara lain untuk timah dan kobalt. (antara/jpnn)

Apple Inc memanfaatkan robot Daisy untuk membongkar unit iPhone, agar kandungan mineral di dalamnya bisa diambil dan digunakan kembali.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News