Apple Dituding Kongkalikong dengan Penerbit e-Books

Apple Dituding Kongkalikong dengan Penerbit e-Books
Apple Dituding Kongkalikong dengan Penerbit e-Books
CALIFORNIA - Pemerintah Federal AS, menuding perusahaan teknologi Apple melakukan konspirasi untuk meningkatkan harga buku digital atau e-book. Pembuat tablet laris iPad ini dituduh telah bekerja sama dengan sejumlah penerbit di tahun 2009 untuk memasang harga dalam upaya untuk memenangkan persaingan dengan pasar e-book yang didominasi Amazon. Apple pun kini memulai upaya pembelaan atas tuduhan tersebut.

Dilansir laman Inquirer, Senin (3/6), dalam sidang pengadilan tanpa juri yang bakal berlangsung selama tiga pekan ke depan ini, Departemen Kehakiman AS telah menuduh Apple bersepakat dengan penerbit untuk memasang harga e-book, ketimbang mengizinkan penjual individual melalui sebuah sistem yang dikenal dengan istilah "model agen".

Jaksa mengklaim bahwa tindakan tersebut membuat Apple meraup keuntungan penjualan melalui progam iBooks dan menghalangi Amazon untuk memberikan harga yang kompetitif pada konsumen.

Lima penerbit yang awalnya bersama-sama sebagai tertuduh dengan Apple telah mencapai penyelesaian, dimana mereka sepakat untuk menghentikan perjanjian e-book dengan Apple. Dengan nilai penyelesaian terbesar diderita penerbit Penguin sebesar USD 75 juta atau sekitar Rp727 miliar.

CALIFORNIA - Pemerintah Federal AS, menuding perusahaan teknologi Apple melakukan konspirasi untuk meningkatkan harga buku digital atau e-book. Pembuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News