Apresiasi Komitmen Jokowi, KRKP Optimistis Indonesia Selamat dari Ancaman Krisis Pangan

Apresiasi Komitmen Jokowi, KRKP Optimistis Indonesia Selamat dari Ancaman Krisis Pangan
Presiden Jokowi. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Nasional Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) Said Abdullah mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam memberikan perhatian serius terhadap ancaman krisis pangan hingga energi. Bahkan, Presiden Jokowi melakukan koordinasi tersebut setiap seminggu sekali.

Said Abdullah optimistis Indonesia bisa keluar dari ancaman krisis pangan asalkan pemerintah dapat mengeluarkan kebijakan yang bertumpu pada kesejahteraan petani.

Dia juga mendorong kebijakan penanaman jenis makanan yang beragam jenisnya di tanah air.

“Saya punya keyakinan bahwa kalau saja kehidupan petaninya cukup baik dia tidak perlu disubsidi. Tidak perlu disuruh, dia akan menanam sendiri kok, kan petani juga manusia ekonomi sehingga proses produksi itu akan berjalan. Yang perlu dipersiapkan adalah kerangka sistemnya,” ujar Said, Selasa (11/10/2022).

Said mendorong perubahan paradigma berpikir yaitu tidak sekadar menggenjot peningkatan hasil pertanian melainkan juga harus lebih memperhatikan kesejahteraan para petani.

“Misalnya kita balik untuk menjawab tantangan krisis pangan misalnya itu dengan memperkuat kehidupan petaninya. Mengapa saya berpikir di balik begitu cara mikirnya karena menurut saya kalau hanya produksi betul bahwa kita perlu produksi dan ketersediaan pangan yang cukup yang melimpah iya tapi kalau orangnya (Petani) nggak diperhatikan gimana,” kata Said.

Said menambahkan jika petaninya cukup diperhatikan, maka secara otomatis mereka akan tetap mau menanam dan terhindar dari krisis yang dikhawatirkan.

“Paradigmanya digeser ke penguatan kehidupan petaninya kalau itu dilakukan saya kok punya keyakinan kita nggak perlu khawatir juga (krisis pangan),” paparnya.

Koordinator Nasional KRKP Said Abdullah mengapresiasi Presiden Jokowi dalam memberikan perhatian serius terhadap ancaman krisis pangan hingga energi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News