Apresiasi Peran Kedaton Kutai Kartanegara, Anies Berkomitmen Merawat Budaya Indonesia

Apresiasi Peran Kedaton Kutai Kartanegara, Anies Berkomitmen Merawat Budaya Indonesia
Calon presiden (Capres) RI Anies Baswedan menyambangi Kedaton Kutai Kartanegara Ing Martadipura untuk bersilaturahmi dalam safari politiknya di Kalimantan Timur pada Kamis (11/1). Foto: Timnas AMIN

jpnn.com, KUTAI KARTANEGARA - Calon presiden (Capres) RI Anies Baswedan menyambangi Kedaton Kutai Kartanegara Ing Martadipura untuk bersilaturahmi dalam safari politiknya di Kalimantan Timur pada Kamis (11/1).

Anies pun bersyukur mendapat sambutan luar biasa hangat dalam suasana persaudaraan dan kemuliaan yang telah dijaga lintas generasi.

Eks gubernur DKI Jakarta itu menyebut Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura memiliki sejarah amat panjang.

"Di sana ada tradisi (lintas generasi) yang luhur, tradisi yang penuh dengan nilai-nilai yang mulia dan itu dijaga sampai hari ini dan siapa pun yang memasuki Kedaton ini merasakan kemuliaan dan keagungan nilai-nilai yang dipegang teguh di tempat ini," ujar Anies di Kedaton Kutai Kartanegara, kemarin.

Anies juga mengatakan bahwa Kesultanan Kutai Kartanegara telah menjadi bagian penting dalam perjalanan bangsa sekaligus memperkuat kemerdekaan Indonesia, sehingga manfaat dari kesultanan dirasakan oleh masyarakat luas.

"Seperti yang disampaikan, Kesultanan Kutai Kartanegara selalu menjadi bagian yang menjaga pilar keutuhan Republik Indonesia," lanjutnya.

Hal tersebut menurut Anies menggambarkan sebuah pandangan yang visioner bahwa Kesultanan yang ada di tanah ini diabdikan untuk kepentingan rakyat banyak, bukan sekedar kepentingan sekelompok atau sekeluarga.

"Oleh karena itu dalam silaturahmi ini kami memohon doa dan restu. Indonesia adalah sebuah bangsa yang kaya dengan budaya. Budaya yang luar biasa beragam, budaya yang punya sejarah panjang dan budaya yang mencerminkan nilai-nilai luhur, termasuk di tempat ini. Di mana nilai-nilai itu terjamin," tuturnya.

Anies juga menyampaikan komitmennya untuk terus menjaga keluhuran nilai-nilai budaya sekaligus juga mengembangkan kebudayaan tersebut. Agar bukan hanya tuan rumah di negeri sendiri tetapi juga tamu memesona di negeri orang.

Capres RI Anies Baswedan mengapresiasi peran Kedaton Kutai Kartanegara dalam menjaga nilai-nilai luhur. Dia juga berkomitmen merawat budaya Indoensia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News