APTI Minta PTPN Dijadikan Importir Tunggal Gula

Komisi IV Meminta APTI Tak Legalkan Impor

APTI Minta PTPN Dijadikan Importir Tunggal Gula
APTI Minta PTPN Dijadikan Importir Tunggal Gula
JAKARTA - Asosiasi Petani Tebu Indonesia (APTI) mendesak pemerintah agar menetapkan PTPN sebagai satu-satunya importir gula. Alasannya adalah agar harga gula bisa terkendali dan penyebarannya sesuai kebutuhan.

"Kami khawatir kalau izin impor gula diberikan pada perusahaan lain, gulanya akan digunakan bukan untuk masyarakat, tapi mencari keuntungan sendiri," kata Ketua APTI Abdul Wahid, dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komisi IV DPR RI, Senin (11/1).

Wahid menambahkan, jika pemerintah ingin melindungi petani tebu rakyat, impor gula sebaiknya jangan dibebaskan ke perusahaan swasta. PTPN sebagai BUMN, menurutnya adalah yang paling pas untuk menjaga kestabilan harga.

Sementara itu sebaliknya, anggota Komisi IV Agung Djelantik menegaskan, pemerintah harus memperketat keberadaan gula impor. Agung pun meminta agar APTI tidak melegalkan impor gula. Sebab katanya, selama ini kebutuhan gula di Indonesia hanya 3,7 juta ton, sementara anehnya, yang beredar di pasaran sekitar 6 juta ton lebih. Akibatnya, harga jual petani tebu rakyat pun jatuh.

JAKARTA - Asosiasi Petani Tebu Indonesia (APTI) mendesak pemerintah agar menetapkan PTPN sebagai satu-satunya importir gula. Alasannya adalah agar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News