Aptisi Minta Penegerian PTS Distop

Kemendikbud; Jangan Takut Tidak Kebagian Mahasiswa Baru

Aptisi Minta Penegerian PTS Distop
Aptisi Minta Penegerian PTS Distop
JAKARTA - Menjelang batas akhir rencana strategis (renstra) 2010-2014, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggenjot jumlah perguruan tinggi negeri (PTN).

Upaya Kemendikbud ini menuai penolakan dari Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi). Mereka meminta Kemendikbud lebih menekankan pemberdayaan PTS di sejumlah daerah.

Penolakan dari Aptisi ini dinilai tidak lepas dari semakin terjepitnya ruang gerak PTS di daerah-daerah. Sebab satu per satu PTS yang potensial telah berubah wujud menjadi PTN. Skenario Kemendikbud memperbanyak PTN lainnya adalah dengan mendirikan PTN baru.

Tujuan Kemendikbud memperbanyak PTN ini adalah untuk menggenjot daya tampung sehingga bisa mengerek angka pertisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi menjadi 30 persen pada 2014 nanti. Posisi APK pendidikan tinggi saat ini masih sekitar 27 persen, sehingga tugas Kemendikbud menjadi berat jika tidak mendirikan PTN baru.

JAKARTA - Menjelang batas akhir rencana strategis (renstra) 2010-2014, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggenjot jumlah perguruan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News